Aku dan Praktikum

Dari tahun ke tahun setiap ada praktikum mata kuliah apapun itu, Neng Iim ini selalu menjadi tim materi. Entah itu hanya sebagai staff materi atau koordinator. Tim materi dapat disebut juga sebagai tim dedengkot dalam praktikum. Mungkin dapat disebut juga sebagai tim begajulan yang menentukan tema, topik dan isi dari praktikum tersebut. Terkadang juga suka merasa sebagai "bujang" atau jongos dalam praktikum. Kesana kemari untuk menemui dosen dan menentukan tempat praktikum yang wedun serta bertelepon ria bersama pejabat setempat yang akan kami kunjungi.

Kali ini sudah ketiga kalinya praktikum. Dan ketiga kalinya pula saya menjadi tim materi. Mereka pikir saya cerdas dan kompeten untuk hal seperti ini gitu ya? Padahal mah saya sulit mengerti tentang gejala-gejala sosial yang berkembang di masyarakat serta isu-isu pemerintahan maupun politik yang ada. Apa karena kaca mata ini menjadikan saya terkesan sangat intelek? Hahaha.. Boro-boro deh..

Dan sekarang mata kuliah yang ada praktikumnya adalah PSDP (Perubahan Sosial dan Dinamika Pemerintahan), tak luput saya pun menikmati pembagian sebagai tim materi. Syalala.. Syalalaaaaaa.. Alhamdulillah masih dipercaya ternyata. Dan ini kesempatan untuk lebih dekat dengan dosen. Dan berdiskusi dengan beliau-beliau. Semoga...

Hari ini saya mendapat tugas pertama dalam mendedikasikan sebagai tim materi. Langsung dimandatkan oleh sang koordinator yaitu Adi. Yang menginstruksikan saya untuk mencari berita-berita mengenai gejala pembangunan di sekitar. Wo yeah.. Ini membuat saya semangat lagi untuk belajar dan mencari tahu. Biar tidak katro :D

Daftar isu-isu tentang Perubahan Sosial dan Dinamika Pemerintahan:
1. Pembangunan Waduk Jati Gede
2. Pembangunan Jembatan Selat Sunda
3. Konflik wilayah adat Cipta Gelar dijadikan Taman Nasional
4. Penolakan program pemerintah di Kampung Dukuh
5. Konflik Ujung Berung akan dibuat flyover terusan Jembatan Pasopati
6. Kepulauan Seribu akan dijadikan Kota Madya yang setara dengan Kota Madya Jakarta
7. Karimun Jawa ingin pemekaran wilayah
8. Konflik pembangunan listrik 10.000 MW di Serang
9. Isu pemindahan ibu kota Jakarta
10. Pemindahtanganan Tangkuban Parahu dari kepemilikan Pemerintah menjadi kepemilikan Swasta
11. Karawang menjadi Kota.

Banyak juga ya? Malah jadi pusing ini teh. Enaknya sih nanti praktikum ke yang agak jauh sekalian ngabolang gtu. Hehehe.. Karimun Jawa sepertinya menggiurkan. Nyaaaam..
No me ames lah, pokokna nanti sukses. Doa siapapun tolong sertai bagi ku ;)

2 komentar:

  1. archive lebay2an hahahah.........!!!!!!!

    BalasHapus
  2. biarin ah lebay2an juga. nu penting mah asoy geboy. hehehehe..

    BalasHapus

Hai kawan-kawan, terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca dan berkomentar di pendopo langit ini ^_^


up