April Mop dan Ke-hoax-annya

Hei sekarang tanggal 1 April looooh.. Terus kenapa? Waktunya mengambil uang upah atau gaji buat yang sudah bekerja. Hehehe.. Ya setiap tanggal 1 di awal bulan pasti beberapa pekerja di berbagai instansi atau perusahaan merasa sangat senang karena kelelahan mereka terbayar sudah. Namun ada juga yang mendapatkan gaji bukan pada awal bulan. Ya itu bagaimana kebijakan tempat mereka bekerja. Kalau saya tanggal berapa ya mendapatkan gajinya? Tiap minggu dikasih uang transport sama ibu. Hehehehe.. Aaaahhhh.. saya ingin bekerja!

Ok, itu sebagian prolog mengenai tanggal 1. Tapi ada yang berbeda dengan tanggal 1 di bulan April. Kita sering mendengar kata APRIL MOP atau APRIL FOOLS DAY. Hari berbohong atau hari lelucon. Kurang lebih seperti itu artinya. Kalau kata Panji, "Keeeenaaaaa deeeeeeeh" :D

Jadi apa yang menyebabkan tanggal 1 April itu dijadikan sebagai hari diperbolehkannya kita untuk berbohong dengan tujuan lelucon? Tadi pagi saya browsing dibeberapa site. Mencari sejarah dari April Mop dan penyebab dijadikan tradisi.

Menurut sumber dari vivanews mengatakan ada beberapa asalan bahwa:
  1. Penyebab salah satunya adalah kejadian tahun 1582. Saat itu Paus Gregorius XIII memerintahkan penggantian kalender Julian. Tradisi populer menceritakan bahwa beberapa orang Eropa tidak mengetahui perubahan tersebut dan terus merayakan Tahun Baru pada tanggal 1 April dari kalender Julian sebelumnya.
  2. Selain itu disebutkan seorang profesor sejarah di Universitas Boston, Joseph Boskin, memberikan penjelasan lain. Dia mengatakan bahwa April Mop dimulai pada masa pemerintahan Constantine. Constantine yang humoris memperbolehkan badut istana bernama Kugel untuk menjadi raja selama satu hari. Selanjutnya, badut tersebut mendeklarasikan tanggal 1 April sebagai 'day of absurdity' atau hari yang tidak masuk akal yang kemudian menjadi acara tahunan.
Tapi eh tapi tapi tapi tahukah kamu, bahwa perayaan April Mop yang selalu diawali dengan kegembiraan karena berbagi lelucon dengan kerabat dan sahabat ternyata sesungguhnya berawal dari suatu tragedi besar yang memilukan umat Islam?
Ada sumber bacaaan yang mengejutkan saya secara pribadi. Ini mengenai sejarah tentang 1 April dilain bahasan. Situs eramuslim.com menceritakan bahwa April Mop atau tanggal 1 April itu hari dimana ribuan umat Islam Spanyol dibantai dan dibunuh oleh tentara salib lewat cara-cara penipuan. Mengejutkan sekali. Beritanya sih sudah agak lama, tahun 2010. Apa saya yang kuper baru tahu tentang berita ini atau memang saya yang benar-benar kuper? -,-

Dalam tulisan di http://www.eramuslim.com/berita/tahukah-anda/april-mop-hari-dimana-umat-islam-dibantai.htm itu menyebutkan bahwa April Mop, atau The April's Fool Day, berawal dari satu episode sejarah Muslim Spanyol di tahun 1487 M, atau bertepatan dengan 892 H. Cerita lengkapnya bisa dibaca sendiri saja :)

Karena penasaran dengan kebenaran berita itu, maka saya browsing lagi di site lain. Eh, nemu yang beginian dong http://tausyiah275.blogsome.com/2007/04/05/hoax-dan-april-mop-yang-terkait-islam/ yang menuliskan bahwa berita yang terkait dengan pembantaian umat Islam itu HOAX. Well, baca lagi baca lagi, dan menemukan site-site lain yang mejelaskan lebih detial bahwa berita ini hanyalah hoax menjelang April Mop.
- http://islamtomorrow.com/lies/fools.asp
- http://islamtomorrow.com/lies/April_lies.asp
- http://www.muftisays.com/viewarticle.php?article=aprilfools
- http://answering-islam.org/Hoaxes/aprilfool.html
- http://www.themodernreligion.com/misc/hoax/april-fool.html
- http://dragonsvamp.wordpress.com/2006/04/05/random-truth-behind-april-fools-day/
- http://etori.tripod.com/aprilfools.html

Hmm.. hal yang bisa saya tangkap dari hal ini adalah jika mendapatkan berita dari situs yang meskipun sudah terpercaya coba cari-cari kebenaran lainnya. Meskipun sekarang memang hari berbohong untuk lelucon tapi tidak berbohong sepertinya lebih baik, apalagi ini masalah berita sejarah agama. Ya begitu saja dulu pembahasannya. Nanti mau dicari lebih lanjut lagi jika ada sumber-sumber terkait dengan sejarah April Mop itu dari mana sih? :)

2 komentar:

  1. berita tentang hancurnya kekhalifahan Andalusia di Spanyol memang benar adanya, dan itu tercantum dalam beberapa kitab2 sejarah umat Islam. percayalah pada situs2 Islam seperti eramuslim :)

    BalasHapus
  2. wah makasi kawan..
    iya ini juga masih belajar dan mencari tahu tentang sejarahnya. bukan tidak percaya pada berita di situs eramuslim, tapi hanya membandingkan dan memilah berita sejarah itu. hehe..
    kadang memang sejarah ditentukan oleh siapa yang berkuasa. jadi hakikatnya sulit diuji.. :)

    saling mengingatkan sebagai muslim ya ;)

    BalasHapus

Hai kawan-kawan, terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca dan berkomentar di pendopo langit ini ^_^


up