Kopdar Bloofers Bandung; Edisi Dago Pakar

Atas Ki-Ka: Kak Andin, Fita, Teh Fitri, Aisa, Irma
Bawah Ki-Ka: Kang Yudhi, Kang Aan, Kang Dia
di Car Free Day Bandung (Sumber: Dok. Kang Dia di Group Bloof FB)


Bismillahirrahmanirrahiim..
Persahabatan itu seperti partikel-partikel yang terhempas ke udara. Ia menari-nari dengan bebas tanpa batas. (irdevzan)
Allah SWT selalu tahu cara indah untuk mempertemukan tiap-tiap manusianya kepada sebuah silaturahim yang sederhana namun erat. Seperti itulah yang saya rasakan selama ini, ketika kenal, bertemu, menyapa, bercengkrama, bahkan melewati hari bersama dengan orang-orang baru. Bukankah itu misteri yang indah?

Tepat hari Minggu, 26 Februari 2012, kami yang menamakan diri sebagai Bloofers Bandung kembali mengadakan sebuah pertemuan. Kopi darat. Ya, blogger biasanya menyebut istilah demikian. Ini adalah kali kedua saya mengikuti kopdar. Sebelumnya kami sepakat untuk berkumpul di CFD, namun saya sempat kelimpungan karena pulsa sempat habis sedangkan saya belum bertemu siapapun di CFD. Seperti anak ayam kehilangan induknya, itulah yang saya rasakan saat itu. Seperi lirik lagu: "Di dalam keramaian aku masih merasa sepi, sendiri memikirkan kamu (kalian dimana Bloofers Bandung?)" Dewa-Kosong. Konyol. Terduduk sendirian di trotoar jalan, celingak-celinguk mencari orang-orang berkaos sama dengan saya. Akhirnya Kak Andin sms, saya pun bergabung dengan beliau yang sedang melihat pertujukan musik tradisional Sunda. Oh iya, ternyata Kak Andin tidak bisa ikut berkumpul dengan kami di Dago Pakar karena harus merevisi tesisnya. Sukses Kak! Sebagai permohonan maafnya beliau memberi kami brownies. Lezat.

Akhirnya beberapa Bloofers Bandung pun datang, kami pun berangkat menuju Dago Pakar atau Taman Hutan Raya (Tahura) Ir. H. Juanda dengan memesan angkot ekslusif seharga pesawar kargo. Tiket masuk Tahura adalah Rp. 8500,-. Memasuki Tahura, kami langsung disuguhi oleh pemandangan yang segar. Pepohonan menjulang tinggi bagai di belantara. Kebanyakan pohon pinus, saya tidak tahu lagi species pohon apalagi yang ada di sana. Buat yang suka olahraga sambil menghirup udara bersih, silahkan main ke Tahura. Ternyata di antara pepohonan tinggi itu ada sebuah bangku lengkap dengan kursi yang saling berhadapan. Cukup untuk 8 orang. Pas. Karena kami yang ikut kopdar ada 8 orang yaitu saya, Kang Dia, Kang Aan, Kang Dea, Kang Yudhi, Teh Fitri, Fita dan Aisa.

Duduk diantara pohon pinus di Tahura (Sumber: Flickr Kang Dia)
Di bangku inilah kami melakukan sebuah secret project. Karena ini bersifat rahasia maka saya tidak akan membahasnya lebih jauh. Pokoknya kami hanya menulis lalu makan cemilan kemudian bersenda gurau, berdiskusi lalu berfoto dan bermain gelembung sabun. Setelah beberapa jam berkutat dengan menulis, kami pun memutuskan untuk berkeliling melihat pemandangan di Tahura. Sekalian mencoba memasuki Gua peninggalan sejarah di sana.

Pertama kami berjalan menuju Gua Jepang. Sebelum memasuki gua kami ditawarkan lampu senter oleh para penjaja di sana. Tawaran pemaksaan lebih tepatnya. Sewa lampu senter seharga Rp. 3000,-. Tak apalah, untuk menambah pemasukan beliua-beliau. Memasuki gua yang dingin, gelap, serta jalan bebatuan dan pengap seperti memasuki alam yang berbeda. Berharap saat di dalam tidak bertambah jumlah personilnya. Uka-uka dong. Meski begitu, kami tetap riang gembira layaknya anak TK bertamasya. Memang teman-teman Bloofers ini kocak-kocak, membuat wajah tak lelah tertawa dan tersenyum.

Di dalam Gua Jepang, ada penampakan tidak? >_< (Sumber: Dok. Kang Dia)
Saat keluar dari Gua Jepang kami mendapati Kang Yudy yang menyusul rombongan sedang duduk manis di batu bersama kepulan asap rokoknya. Tak lama kemudian kami pun berjalan kembali menyusuri Tahura. Pemandangan yang kami temukan semakin indah, semakin HUTAN, melihat kedalaman jurang, bertemu seekor monyet dan beberapa kuda tunggang. Perjalanan di Tahura kami akhiri di depan Gua Belanda. Kami tidak masuk, karena hari sudah mendung. Ah langit kali ini tidak bisa diajak kompromi untuk lebih lama menampakkan cerahnya.

Ki-Ka: Kang Dia, Kang Aan, Irma, Aisa, Fita, Teh Fitri, Kang Yudy, Kang Dea, Kang Yudhi)
Sumber: Dok. Kang Dia
Seperti dugaan, langit pun akhirnya menangis. Mengiringi langkah-langkah kecil kami yang terseok-seok menapaki jalan menanjak di antara lebatnya pepohonan. Saya berbagi payung bersama Aisa yang seringkali berkata "Teh, udah, Aisa ga kuat lagi. Berhenti aja dulu di sini". "Aisa, kamu pasti bisa, ayo lanjut jalannya, hujan semakin deras, tidak ada tempat berteduh di sini". Hanya itu yang bisa saya katakan. Berjalan beriringan bersama Aisa di barisan paling belakang dipayungi Miss Elia Kadham (payung kesayangan) sebelum akhirnya kami menemukan warung kecil untuk berteduh. Hujannya lebat, ditambah angin kencang. Ya Rabb, saya sempat ketakutan, kedinginan, dan berpikir bagaimana bisa kami pulang menyusuri jalanan menurun nanti untuk sampai di jalan raya tempat menemukan angkot?

Berteduh di warung karena hujan deras (Sumber: Dok. Pribadi)
Akhirnya dengan ke-nekat-an tinggi, kami kembali menembus hujan dengan pasti. Ini adalah kopdar asyik dan riang gembira yang saya rasakan meski harus basah kuyup. Hujan pun kami lalui dengan tetap tersenyum. Indahnya persahabatan, walau baru beberapa kali bertemu, tapi rasanya bagai sewindu telah beriringan. Terima kasih kawan. Hujan sempat reda, namun kembali melebat. Rasa dingin menimbulkan efek perut keroncongan lebih kencang, akhirnya kami berteduh kembali di sebuah warung yang tutup di jalanan samping pintu masuk Tahura. Kami memesan semangkuk bakso. Makanan apapun rasanya nikmat jika saat lapar, dingin dan basah. Di sana kami sempat merumuskan beberapa program kegiatan yang akan Bloof lakukan, khususnya Bloof Bandung. Alhamdulillah hujan pun agak reda. Diskusi selesai, perut kenyang, lanjut berjalan kaki sampai jalan raya.

Ditutup dengan jajan bakso. Aisa dan akang-akang sedang menikmati bakso :D (Sumber: Dok. Pribadi)
Kegiatan bersama Bloofers Bandung ditutup dengan diskusi (itung-itungan ongkos) di Mesjid Salman, ITB yang sempat mendapat teguran dari petugas di sana. Kelalaian kami sih, setelah adzan Ashar selesai berkumandang kami masih bercengkrama, bukannya langsung bergegas menuju masjid. Ada-ada saja. Hehehe.. Afwan.. Begitulah kira-kira rangkuman perjalanan saya bersama Bloofers Bandung hari itu. Ada pengalaman yang saya tulis di blog, saya simpan di memori yang siap saya ceritakan pada anak cucu kelak. Terima kasih, kalian sudah menjadi pengisi cawan hidup seorang Irma. Dari maya menjadi nyata. Alhamdulillah..

40 komentar:

  1. Seruuuuuu, ih mau donk kopdaran di tempat kayak gitu. Kalau saya ke bandung, anterin ke sana, yah? Hehehehe ngarep banget. Sukses dengan programnya :)

    BalasHapus
  2. salam sukses selalu dari makassar untuk sahabat sahibit blogger bandung :-)

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah,.,,, sangat mengesanKan... serasa berada diantara sahabat2 di bandung sana....
    ikut merasakan kehangatan akan persahabatan itu.. sukses yah sobat... Insya Allah Qt akan selalu jadi sahabat... Forever.. ^__^

    BalasHapus
  4. penasaran ma secret projectnya. apa sih... apa sihh....

    #berharap dapat bocoran. :)

    BalasHapus
  5. idem sm accilong sang pemangsa, penasaran ama Secret Project nya..Bocoran donk, dikiiiiiiiit aja..hhe.

    senang bs kenal irma, dan bloofer lainnya..smoga suatu saat bs bertemu didunia nyata. aamiin.. (-,-)

    BalasHapus
  6. wah asik..asik....wew saya tau project apaan yg di bahs...tapi rahasia sssstttt

    BalasHapus
  7. aku juga tetep dapet secret project walau g ikut yak,... hehe

    BalasHapus
  8. wuaah, seru ya..
    penasaran jg sm secret projectnya, tp lebih penasaran sm Tahura itu..pengen ksanaaaa ir, ajakin doooong >,<

    BalasHapus
  9. teh irmaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa i'm so shy-shy-cat >_<

    BalasHapus
  10. ajak minten jugaaaa yaaa teh irma kalo kesana again ...^_^

    BalasHapus
  11. aduh para teteh", akang" saya jadi ngiri kepengen ikutan hheheeheheee

    BalasHapus
  12. Rame acaranya,...moga saya nanti bisa ikutan.

    BalasHapus
  13. tempatnya asik.. melengkapi manusianya yang cakep2..:)

    BalasHapus
  14. seruh mbak irma,...menyenangkan sekali kopdaran sambil wisata..

    BalasHapus
  15. wah serunya aku kapan yaa.....iktan dong

    BalasHapus
  16. Wuiiihhhhh,,,,tetehh mau dong sekali2 nay di ajak ke TAHURA, ,mupeeeeeeenggg :( ke gua jepangnya...

    BalasHapus
  17. kok ada secret projectnya segala ya mbak, seperti agen spionase saja hehe....

    BalasHapus
  18. waaaaaaaaaaah seru banget bloofers bandung! jadi pengen ngikuuuut

    BalasHapus
  19. tempat kopdarnya kerenn..

    BalasHapus
  20. subhanallah.. smoga tetap terjaga ukhuwahnya hingga akhir waktu.. amin.. ikut senyum juga ahh.. ^___^

    BalasHapus
  21. itung2an...ahyuuuh siapa yang paling banyak....

    BalasHapus
  22. waaah seruuu...

    kapan ya yang di bekasi..hehehe :)

    salam persahabatan

    BalasHapus
  23. mantep acaranya tuh.....btw follow back yaw

    BalasHapus
  24. kopdar yg sangat seruuuu ^^d
    kapan lagi ya kopdar ujan2an?,
    hahaha..

    BalasHapus
  25. wah,, seru lokasi kopdarnya..

    :D

    salam bloofers medan

    BalasHapus
  26. Waahh kaka Irmaa.. seruu.. sungguh fotonya bagus bagus.. dan foto yang "gelap-gelapan" itu aku paling suka.. Cakeeepp banget pokoknya ^__^

    BalasHapus
  27. Dahsyaaat, saya mengalami kopdar di Kedai Mangga. Blogger lain ada yang kopdar Kancut Keblenger. Nah ini kopdar Bloofer. Luar biasa, dalam waktu yang tak terpaut jauh padahal. :)

    BalasHapus
  28. beh beh beh..
    kopdar iri iri iri...
    sudah berbulan bulan saya tidak ketemu dengan bloofers...
    tempatnya keren, serius !!!!

    BalasHapus
  29. Bandung dah kali ke-2 ya! Kerend!!!

    Salam Ukhuwah!

    BalasHapus
  30. waaahh... serruuuu..keren, ga ajak2 iiih.. hehehe

    BalasHapus
  31. Salam ukhuwah bwat sobat bloofers semua. Cuman bs kebayang serunya.Pengin ngikut!

    BalasHapus
  32. hadir lagi menyapa tuan rumah blog :)

    BalasHapus
  33. Semoga kalo ke Bandung bisa ikuan kopdar ya ^_^

    Alhamdulillah, bisa ikut pelatihan dan bisa semakin akrab ^_^
    Oya Teh, ada Award dari Saya.^_^
    Cube Award (Lihat No. 21) dan Friendship Award
    Award ini bertujuan untuk menyambung silaturahim dan tentu saja sebagai bentuk penghargaan saya karena kita bisa menjadi Sahabat di Dunia Blog.
    Silahkan untuk diambil Awardnya disini
    ARR'S AWARD
    Mohon Maaf Pemberitahuannya telat.
    Terima Kasih

    BalasHapus
  34. asyik bangeeeet kopdarnya
    foto-fotonya juga bagus....
    selamat ya, semoga semakin senang berbagi dalm blog tercinta...

    BalasHapus
  35. Pasti seru tuch acara kopdarnya....

    BalasHapus
  36. sering ngadain acara kopdar ya?
    keren nih, bisa ditiru.
    :)
    salam kenal ya, ditunggu kunjungan baliknya di faizulfikri

    BalasHapus
  37. Kopdarnya seru, kan kan kan.. Bloofers gitu :)
    Nanti ada Kopdar Nasional loh, tunggu ;)

    BalasHapus

Hai kawan-kawan, terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca dan berkomentar di pendopo langit ini ^_^


up