NKRI (Tidak) Pecah #Edisi HUT RI 66

Merah Putih, Original Captured By Irma :)
 Bismillahirrahmanirrahiim..
"Angkat senjataaaaaaa.... Graaak!" Kata-kata komando ini terus terngiang-ngiang di telinga. Setelah seharian nongkrong di depan televisi untuk sekedar menghilangkan penat dan memantau suasana upacara Kemerdekaan di Istana Negara. Akhirnya melekat juga kata itu, sampai tadi sempat agak "ka silap" waktu shalat tarawih. Bukannya komando Allahuakbar, malah "angkat senjata" yang saya dengar. Astagfirullah.. Keliatan ga khusyuk ni. Ampun ya Rabb..T_T

Oh iya, bagaimana dengan suasana HUT Republik Indonesia di tempat kalian? Kalo di sini, di Cileunyi mah sepi.. Tidak ada yang istimewa, seperti hari-hari biasa saja. Saya jadi ingat suasana HUT RI tahun lalu. Kebetulan kami sekeluarga pergi mengunjungi keluarga yang berada di Pelabuhan Ratu-Sukabumi, untuk menyambut acara munggahan (acara sehari sebelum bulan Ramadhan) di sana.

Di tengah perjalanan, ternyata macet pun tak bisa dihadang. Kenapa macet? Karena pada waktu itu banyak kendaraan menuju Pelabuhan Ratu juga. Yaitu mereka yang ingin berlibur menikmati acara munggahan di Pantai Pelabuhan Ratu. Karena kamera pocket selalu siap dan lagi nganggur juga. Makanya iseng-iseng saya pun menjepret suasana disekeliling jalan pada saat kendaraan kami terjebak macet. Ada satu jepretan saya yang sampai saat ini masih menjadi bahan pemikiran dan renungan. Di salah satu tembok bangunan Komando Rayon Militer yang terletak di jalan Warung Kiara, Pelabuhan Ratu tertulis sebuah petikan kata "MARI KITA BERFIKIR BERBUAT DAN BERTINDAK BAGAIMANA NKRI TIDAK PECAH". Hayo, bagaimana kawan-kawan?

NKRI, Original Captured By Irma :D
Itu memang merupakan salah satu tugas wajib yang diemban oleh para Tentara Nasional Indonesia baik yang di darat, laut dan udara untuk menjaga wilayah NKRI agar tidak terjadi perpecahan antar-wilayah. Tapi ini juga menjadi tugas kita semua untuk menjaga keutuhan NKRI. Jangan sampai lepas dan terpecah-pecah. Jangan sampai ada egoisme antar-suku, jangan sampai ada bentrokan antar-warga, dan jangan sampai tercetuskan kembali keinginan untuk memisahkan dari NKRI. Dengan bersatu padu maka kita akan kuat sebagai bangsa yang mandiri. Dari Sabang sampai Merauke kita bersaudara. Bhineka Tunggal Ika, berbeda-beda tetap satu jua. Dengan berbeda kita istimewa. Seperti pelangi yang terlihat sangat indah karena mempunyai beraneka ragam warna. Berbeda sudah, nah sekarang waktunya menyatukan perbedaan itu menjadi kekuatan, saling mendukung, saling melengkapi. Jadikan lidi-lidi perbedaan itu menjadi sapu yang siap membersihkan debu-debu masalah di Indonesia dari Sabang sampai Merauke pula.

Dan Bung Hatta juga mengatakan bahwa kemerdekaan itu bukan tujuan akhir. Namun sebuah cara terlepas dari penjajah (pada saat jaman penjajahan). Tujuan utamanya itu adalah terwujudnya Indonesia yang adil dan makmur. Nah, kita sudah merdeka dari penjajahan kolonial (tapi masih ada penjajahan-penjajahan dalam bentuk lain yang masih terjadi).
“Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa apa yang pada diri mereka ” (Surah Ar-Ra'd: 11)
Masihkan ada "merah putih" di benak mu?
Merdekalah.. Ya, memerdekakan diri sendiri dari ketidakmerdekaan yang murni.
Dirgahayu Indonesia ke-66 Tahun :)
-Setitik harapan dan kebanggaan diantara garis-garis pilu Indonesia ku- (irdevzan)
MERDEKA!

20 komentar:

  1. Hubbul wathon :D, Jikalau pun masih banyak manusia-manusia di negeri ini yang hendak memecah belah persatuan, yakin lah bahwa jauh dititik lubuk hati nya masih tersimpan rasa cinta Indonesia. Hanya karena sekelompok manusia yang punya kuasa dan kepentingan yang ingin menjajah bangsa nya sendiri. Jangan beri amarah dan kebencian mu kepada Negeri ini, tapi kepada mereka subjek yang berbuat nista

    BalasHapus
  2. ya.. seperti yang saya tulis "Setitik harapan dan kebanggaan diantara garis-garis pilu Indonesia ku" semoga titik itu menjadi titik-titik yang menggantikan pilu menjadi kekuatan u/ bangkit.

    tidak pernah saya memberi amarah dan benci terhadap Indonesia. saya bangga kok jadi warga negara Indonesia. hehehe.. hanya sering mengkritik orang2 yg mengganjal kebangkitan Indonesia :)

    BalasHapus
  3. siiiipppp mbak.. aku cinta Indonesia. aku bangga jadi anak Indonesia :)

    BalasHapus
  4. merdeka secara pribadi = apa yang kita cita-citakan menjadi kenyataan. dan aku belum merdeka :P -belum menjadi sesuatu yg berguna untuk bangsaku-

    di tempat tinggalku nggak ada lomba 17san seperti tahun kemarin. gersang deh pokoknya. soalnya bertepatan sama bulan puasa. sibuk menjalani hari puasa :)

    BalasHapus
  5. Setitik harapan dan kebanggaan diantara garis-garis pilu Indonesia itu masih ada,
    sosok walikota Solo Joko Widodo menjadi salah satu tokoh yang mendapatkan Bintang Jasa Utama dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono karena kepedulian beliu yang mengutamakan kepentingan rakyat kecil,pedagang kaki lima & pasar2 tradisional

    BalasHapus
  6. @Chilfia: yuuuupppp.. skrg mah berusaha untuk merdeka secara pribadi. saya juga belum merealisasikan apa yang saya cita-cita kan. setidaknya saya ingin merdeka dari rasa malas. hehehe..
    sama di sini juga seeeepiiii suuunyiiiii. aroma ketenangan Ramadhan melekat. hehe..

    @Octo: setujuuuuu.. saya pun mengagumi Pak Jokowi. beliau contoh panutan pemimpin yang memang benar-benar merakyat. tidak hanya omong doang, tp direalisasikan. itulah yang saya maksud "setitik diantara garis". semoga titik itu menjadi banyak dan membentuk garis kebanggaan :)

    BalasHapus
  7. heppy brithday indonesia.
    panjang umur dan sehat sehat selalu..!

    jangan lupa traktir yah... halah..!!! hehehe

    BalasHapus
  8. @ROe: jiahahaha.. traktirannya buka bareng di istana negara. tapi kemaren, sekarang udahan traktirannya. hehe..
    kayak ngucapin selamat ultah buat temen ni :D
    lucu..

    BalasHapus
  9. salam sahabat
    semoga Negri Indonesia menjadi lebih baik dan para Koruptor(ini yang lebih dikenal hehehe)bisa diberantas secepatnya
    hayah tidak nyambung maaf ya telat lagi datang ke sini hehehe

    BalasHapus
  10. hehehe.. tidak apa2 mbak..
    memang itu kok yang menjadi PR buat negara kita ini. mungkin gaung beritanya sudah sampai ke China. berita tentang koruptor lbh nyaring dibandingkan ttg keberhasilan. hehe..
    pngn bgt buat memberantas koruptor dan mempermalukan mereka didepan dunia dan Allah SWT. hiihihi..

    BalasHapus
  11. eh, urang cileunyi toh? wah..wah..wah... salam sma manglayang yah. saya rindu. :D

    maaf, komen dak nyambung ma tulisan. :D

    BalasHapus
  12. iya tinggal di Cileunyi kak..
    siiiiaaaaaaaappp.. nanti saya sampaikan salam buat gunung Manglayang. salam super :D
    *pasti rindu sama Jatinangor juga ya?*
    hehe.. tidak apa2, nyambung tidak nyambung asal kumpul :D

    BalasHapus
  13. koment lagi ah..

    merdekaaa..!!!

    BalasHapus
  14. Banyak daerah yg ingin melepaskan diri akibat SDA mereka terus dikeruk tapi uang yg mengucur untuk pembangunan sangat tidak memadai. Pembangunan terlalu terpusat di Jakarta, sangat tidak merata. Itulah masalah utama di Indonesia.

    BalasHapus
  15. merdeka mari lombamakan kerupuk ^^

    BalasHapus
  16. Dirgahayu yang sekarang ini kurang meriah jika di bandingkan tahun sebelumnya,,. apa karena bebarengan dengan ramadhan kalee ya,.

    BalasHapus
  17. @ROe: boleh.. boleh.. merdekaaaaaaaaaaaaaa! :D

    @Claude: iya betul, saya setuju itu. pembangunan di Indonesia itu terpusat, banyak daerah tertinggal yang terasingkan dan tidak tersentuh oleh pemerintah. jadi mereka merasa dianaktirikan. SDA melimpah, tp SDM berkualitas sedikit. maka jgn heran jika SDA kita dimanfaatkan oleh tangan2 asing dan tangan2 tdk bertanggungjawab.

    @k[A]z: hahahaha.. mari kita lomba gebuk bantal :D

    @Cikal: iya kurang meriah dan memang tidak meriah. tp biarlah kemeriahan itu diisi dengan amalan Ramadhan. lebih barokah. hehe..

    BalasHapus
  18. itu jepretan yang di kaca depan mobil memang mantap Teh.. :e

    salam merdeka dan metal! \m/

    BalasHapus
  19. yoyoy bocah.. mantap lah, meskipun jauh dari kata sangat "perfect" da bukan fotografer handal :O

    salam kecup sodara :k

    BalasHapus

Hai kawan-kawan, terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca dan berkomentar di pendopo langit ini ^_^


up