Ini Nama Ku, Siapa Nama Mu?

Mengukir nama di pasir pantai Pangandaran
Bismillahirrahmanirrahiim..

Berawal dari ketertarikan setelah baca postingan blognya Kak Meutia tentang nama beliau, saya jadi ingin bercerita juga tentang arti nama dan panggilan-panggilan yang selama ini menempel. Oh iya, ternyata postingan tentang nama itu adalah PR berantai dari Om Ridwan yang sudah lama, mungkin sudah kadaluarsa. Meski tidak dapat PR berantai ini, tapi dengan hormat saya minta izin untuk boleh ikut serta.

Nama asli saya di akta kelahiran, KTP, izajah, kartu mahasiswa, kartu tabungan dan berbagai surat resmi lainnya adalah Irma Devi Santika. Di berbagai jejaring sosial pun saya menuliskan nama asli. Terdiri dari 3 kata yang insya Allah ini adalah doa terbaik yang disematkan oleh orang tua sampai akhir hayat nanti.
  • Arti kata Irma menurut bahasa Latin artinya Mulia, sedangkan dalam bahasa Jerman artinya Kuat, selain itu jika dalam bahasa Hungaria (irm, erm) artinya keseluruhan atau semesta.
  • Lalu arti kata Devi dalam bahasa Sansekerta adalah jalan penghidupan yang tentram, merdeka, bahagia dan sempurna.
  • Kemudian yang terakhir arti kata Santika menurut bahasa Sansekerta adalah yang mendamaikan.
Dulu ketika masih kecil saya sempat agak sedih, karena saya pikir doa itu adalah nama dalam bahasa Arab. Namun setelah beranjak dewasa saya yakin inilah doa orang tua saya meski tanpa unsur bahasa Arab. Bahasa manapun jika mengandung arti baik adalah doa.
Indung tunggul rahayu, bapa tangkal darajat.
Keselamatan serta kebahagiaan seorang anak tergantung pada ridho dan doa ayah ibunya.
(salah satunya lewat nama)
Ibu sempat menceritakan bahwa dulu sebelum saya lahir, Bapak sempat mengidamkan anak pertama laki-laki. Bahkan nama untuk anak laki-laki pun sudah beliau persiapkan dan ditulis di sela-sela album foto pernikahan. Evan Pratama. Itulah nama anak laki-laki yang beliau inginkan pada waktu itu. Dulu belum zaman USG, jadi orang tua tidak tahu anaknya lahir berjenis kelamin apa. Ternyata ibu melahirkan seorang anak perempuan, maka nama yang dipersiapkan Bapak pun kandas. Jadilah Irma Devi Santika sampai sekarang ini.

Ada cerita dibalik nama belakang saya. Bukan sebuah marga, bukan juga sebuah titisan. Santika, nama ini ternyata dicetuskan oleh Bapak yang kebetulan orang Sukabumi, Pelabuhan Ratu. Dulu Bupati Kabupaten Sukabumi yang menjabat pada tahun itu adalah Dr. H. Ragam Santika (menjabat 1983-1989). Entah kenapa Bapak saya sangat menyukai Pak Ragam Santika hingga mencatut nama belakang beliau untuk nama saya. Suatu kebetulan pula saya kuliah di jurusan Ilmu Pemerintahan, semoga saja efek nama Santika ini bisa menular menjadikan saya pelayan dan pengayom masyarakat seperti Pak Ragam Santika. Allahumma aamiin..

Tahukah kalian? Saya sudah mendapatkan beberapa orang dekat yang bernama Santika. Teman sekelas SMA dulu bernama Aji Santika (laki-laki), kemudian kakak angkatan di kampus bernama Fitra Santika (laki-laki) dan banyak juga nama Santika yang ternyata itu adalah laki-laki. Ternyata nama Santika banyak dipakai oleh laki-laki. Ada apa ini bapaaaaaaaakkkk ku? Oh tiidaaaakkk :(

Di rumah saya biasa dipanggil Teteh atau Eneng oleh keluarga. Kecuali jika Bapak saya sedang marah pasti memanggil Santika dengan nada tegas. Adik semata wayang saya memanggil Tetoh, entah kenapa sampai saat ini panggilan itu tetap tidak berubah, huruf E kedua menjadi O. Sepupu-sepupu saya terbiasa memanggil Teh Neng, Teteh Eneng, Teh Irma, Neng Irma, Teh Ima, Neng Ma'-ma', Neng Ima.

Waktu zaman SMP saya sempat mendapat nama Rei Kikuya, saduran Jepang yang diberikan oleh sahabat karib. Kadang sampai saat ini saya selalu terkekeh jika mengingat nama panggilan itu. Sahabat dan teman SMA biasa memanggil saya Wa Ima atau Ua Ima, sampai saat ini mereka pun masih memanggil seperti itu. Jika teman-teman kampus memanggil saya dengan sebutan Mair atau Neng Iim (nama yang sama dengan bibi penjual gorengan dekat rumah), ada-ada saja mereka :(

Saya sering menyingkat nama menjadi irdevzan yang biasa dipakai untuk ID atau beberapa akun di dunia maya, ada beberapa orang yang bertanya kenapa tidak irdevsan, kenapa harus pakai Z daripada S? Saya pikir ini hanya sebuah keserasian, legeg na lah. Selain itu pernah juga mempunyai singkatan nama menjadi I Made Santika (Ima De Santika), saya sempat terbahak ketika merangkai nama ini. Jika begini saya bisa jadi orang bali namun berjenis kelamin laki-laki. Oh iya, jika nama saya disingkat dalam huruf awal saja berarti menjadi IDS, dan Mbak Nick sempat merasa bahwa nama saya seperti IDP (itu loh artis yang terhipnotis, halah hehe..)

Terima kasih ibu & bapak telah menyematkan nama indah ini, akan saya jaga hingga terkenang harumnya untuk kalian. Lalu, arti dan julukan nama kalian apa kawan-kawan blogger? :)

43 komentar:

  1. wah galau tuh....
    nulis-nulis nama di pantai...
    :P

    BalasHapus
  2. ahahahahhahahaa.. klo galau itu merenung di pinggir jurang :P

    BalasHapus
  3. waaah ada kesamaan,wktu sy lahir jg papa dan mama menyiapkan nama laki2 "Nurul Fitrah" dan mengabadikannya dgn menulisnya di pintu lemari putih bagian dalamnya (lemari pertama keramat haha..) eng ing eng..trnyata anak perempuan yg lahir ^^

    klo menurut saya Santika itu idnetik dgn perempuan koq neng irma..karena ada satuan kepanduan putri yg bernama Santika (kepanjanganya; barisan putri keadilan) heheee.. sama hotel cantik berbintang yg bernama Santika :D *eh ga nyambung yak klo hotel hihi..

    BalasHapus
  4. Evan Pratama.. *eh salah.. haha :D
    Teh Irma.. smoga dirimu slalu hidup dalam kedamaian dan mendamaikan orang-orang disekitarmu dengan kehadiranmu.. sesuai dengan arti namamu.. amin :)

    BalasHapus
  5. wuihhh si IDS...kreatip juga tugh...jadi berasa si Irma keturunan bali euy^_______^
    tapi...arti namanya keren,..uty doin mama panda, jadi se-keren namanya dah
    aamiin

    BalasHapus
  6. Kenalkan, kalau ana punya nama Tatang Tajudin. Salam kenal. Nice to see this blog..

    BalasHapus
  7. @Kak Inuy: wah sama juga kah? kenapa ya orang tua kita sudah mempersiapkan nama laki-laki dibanding nama perempuan. hehhee.. saya baru tahu klo ada nama putri santika, barisan putri keadilan, indah ternyata :)

    @Angga: akan ku jadikan salah satu nama dari anak nanti, atau cucu mungkin :P
    allahumma aamiin.. aamiin.. makasi ya Angga ;)

    @Uty: hehhe.. maklum kerjaan anak sekolahan dulu suka pake singkatan kata gitu deh. aamiin.. aamiin.. ada salam dari panda tuh buat Tante Uty :D

    @Kang Tatang: salam kenal kang, arti nama Kang Tatang apa hayooo cobaaa? :)

    BalasHapus
  8. asiiik euy ada nama legeg na :P
    keren teh yang I Made Santika-nya :D

    BalasHapus
  9. smoga irma menjadi seperti apa yg di harapkan oleh orang tua..secantik arti namamu juga yah, kk panggil neng irma aja yah :) tetep smngat adikku.

    BalasHapus
  10. saya dulu ikutan Irma...
    Ikatan Remaja Masjid... wkwkwkwkwkw..
    gak nyambung..

    BalasHapus
  11. Irma Devi Santika,
    Calon Bupati Sukabumi 2020

    Pilih saya!
    *lho? ;D

    BalasHapus
  12. @Tiara: iya dong harus ada legeg na hahaha.. saya sempat berpikir juga jika nanti mau ke bali pake nama samaran itu :D

    @Kak Tia: allahumma aamiin, makasi ya kak tia, kakak ku yang cantik hatinya. panggil apapun itu silahkan, neng irma jg lbh nyaman saya ^^

    @Mas Insan: hahahaha.. nyambung kok mas, nyambung pke kabel :P

    BalasHapus
  13. @Kak Andin: looohhh??? hahahha.. aamiin, semoga saja. klo ga jadi Bupati ya jadi istrinya Bupati. cikitiiiwww..

    BalasHapus
  14. good irma,
    begitulah, selalu ada doa yg indah d blik sebuah nama
    semoga orangnya seindah namanya

    sebenarnya tulisan semacam ini pertama kali dtulis oleh aisah, bukan aq
    dan pr nya jg buat semua anggota, cuma tag fb terbatas, jd g bsa tag semua ...
    :)

    BalasHapus
  15. @Om Ridwan: oh gitu ya. hehe.. tak apalah, yang penting kita semua bisa ikut meramaikan tema ini. hehe..
    aamiin.. makasi om, nama yg harus dijaga agar tidak hanya sebuah nama tapi doa :)

    @Mbak Iffa: makasi mbak yang cantik :)

    BalasHapus
  16. Sae pisan nami na Teh Irma :D
    Nuhun Awardna, InsyaAllah ditampi :D

    BalasHapus
  17. hihii...aba juga dulu ngarepin yang lahir laki2 eh.. malah yang nongol perempuan gagah kayak nay :D

    BalasHapus
  18. do u know, saya suka nama kamu sejak qt kenal loh ir..bagus sih :)
    trus yg paling bikin tertarik ya 'santika'nya itu. jarang aj nemu nama macam begitu, kecuali sm yg dbilang inuy.hehe ^^v

    BalasHapus
  19. @Mas Rian: hehe.. hatur nuhun mas. oh iya, silahkan di ambil awardnya :)

    @Mpok Naya: wah sama mpok, saya pun perempuan gagah, haha.. seorang bapak ternyata diam2 mengidamkan anak laki2 sebagai penerusnya, tapi wanita pun tetap mereka sayangi. hehehe..

    @Kak Yuni: waaaahhh jadi tersanjung dan malu. makasi, nama kak Yuni juga cantik dan indah. yup, emang jarang juga ada nama Santika ter-blow up, kecuali untuk hotel dan restauran. heheee..

    BalasHapus
  20. Kalau saya Hema Nurul ismiyati
    sebenarnya di arab tdk ada kata Hema adanya Himmah yang artinya Cita- cita
    lalu nurul Ismiyati adalah Cahaya nama
    jadi ?>>>> Cahaya cita2 namaku ..hhe

    BalasHapus
  21. waaaah nama yang indah sekali Hema :)
    doa yang teramat cantik dari ibu bapak mu ya. klo saya simpulkan seperti cita2 yang bersinar :)
    kereeenn..

    BalasHapus
  22. hihi, namaku terlalu simpel untuk dijabarkan panjang lebar seperti ini, mba.
    Jadinya, biarlah Febria Rahmi jadi Febria Rahmi saja :D

    BalasHapus
  23. hehehe.. meskipun nama mu simple, tapi pasti ada arti doa yang terindah di dalamnya.
    dan biarkan kita menjadi kita, sebaik2nya kita :)

    BalasHapus
  24. Subhanalloh nama yang indah teh :)

    BalasHapus
  25. Sebenarnya yang ngasih pe er ini adalah aku..
    heheh...
    *menyingkap kesimpangsiuran informasi ^ ^=

    aamin.....

    BalasHapus
  26. wah iya kah? maafkan aku kak Andin. hehehehe..

    BalasHapus
  27. nama yg di berikan orang tua itu pasti mengandung makna yg bagus dengan harapan kelak anaknya juga baik :)

    BalasHapus
  28. tulisannya lembut sekali..

    salam kenal teh irma dan follback juga ya..
    salam kenal dan follback juga
    Revolusi Galau

    BalasHapus
  29. masya Alloh... namamu penuh makan iiihiyyy...

    pastinya aku jga lho haha gak mau kalah nih Ir,
    Semangka yah udah dikash nama sama bapak ibu.

    BalasHapus
  30. bagiku santika tetap nama perempuan kok :)

    BalasHapus
  31. Santika? Hehe jadi inget nama temen saya waktu tinggal di bandung namanya adi bayu santhika. Tapi dia ga suka corat coret di pasir pantai ko, dia juga gak berkurudung hehe... Jadi suka baca2 tulisanya. Salam kenal dari saya :) salam ukhuwah.

    BalasHapus
  32. geulis euy..
    *namina.
    hehe
    semoga bisa benar-benar jadi orang yang mulia, bahagia, dan mendamaikan yaa..
    :D

    BalasHapus
  33. Apa pun namanya & arti dibalik nama tsb,akan menjadi indah & berkah jika orang itu bermoral & punya moral
    Jadi nama tidak akan berpengaruh apa pun jika dari kita sendiri memiliki kelakuan buruk

    BalasHapus
  34. Hwehehe.. ternyata banyak cerita unik yaa dibalik nama Irma Devi Santika. Mbak Irma ni panggilannya banyak bangeeet. Aku jadi bingung musti ikutan yg mana. Hihihi :D

    BalasHapus
  35. Saya berdoa, semoga dengan identitas "Irma Devi Santika", dikau kelak mampu mengangkat derajat dan martabat keluarga - bangsa dan kaum wanita. Amien ya Mujibashailin...

    BalasHapus
  36. oh ada posting berantai tentang nama to mbak baru tau nih, untung bukan nama blog ya mbak

    BalasHapus
  37. nama saya....

    *kasih tau ndak ya??

    BalasHapus
  38. itu namamu teteh, kalo Asep santika ada teu nya?

    haiii^^/ teteh tos lami teu nganjang kadieu :D

    BalasHapus
  39. Apalah arti sebuah nama? _Shakespeare

    BalasHapus
  40. keren sob ..
    sukses selalu ..:)

    BalasHapus

Hai kawan-kawan, terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca dan berkomentar di pendopo langit ini ^_^


up