Jiwa Yang Kering

Jalan Menuju Cahaya (sumber: tumblr)
untuk mu, jiwa yang kering

hari ini terlalu lelah, menapak duka yang menggelinjang di dada
memapah bersama angin hampa, rasanya pedih
menelungkup mimpi yang berserak dan pecah
yang perlahan hilang menjadi tiada

gelembung-gelembung harapan kini terbang
melayang di langit mega
saat pedang malam tebas senja jingga

untuk mu, jiwa yang kering
basahilah dan basuhlah hati mu
lesatkan doa pada setiap ujung ucap mu
simpuhkan raga mu di helai pengharapan

Dia, Dzat yang telah menuliskan takdir di Lauhul Mahfudz
senantiasa akan mendengar keluh kerontang mu
karena Dia, selalu ada
menunggu mu menyapa-Nya

untuk mu, hati yang rapuh
letih memapah di ruas-ruas sunyi
merindu kosong tak berlancang
meredup di sudut sukma

sampaikan jutaan titip rindu
yang terbang bagai serpih dandelion
menyelip dalam doa
agar Dia menyentuh hati perindu mu

menelusup bisu waktu
leburkan raga menjadi partikel-partikel
bergumul bersama doa bersujud di sepertiga malam-Nya
hingga Dia menerangi jalan mimpi mu

hingga jiwa mu tak kering lagi

irdevzan,
cileunyi, 12092011 1:14

32 komentar:

  1. puisi nan indah,
    kosakata tertata penuh makna,
    itukah gambar sukma pemilik hati nan penuh pesona?
    nice ...

    InsyaAllah do'a mu sehabis 'tahajud tadi didengar-Nya. Amin!

    BalasHapus
  2. Kata2 yang indah, apa ini sebuah doa? ^^

    BalasHapus
  3. aih eta si teteh tumbila, meni sae ^^

    BalasHapus
  4. @ayahang30: terima kasih, semoga maknanya menjadi doa indah yang berbalas simpul syukur.
    allahumma aamiin.. :)

    @Annisa: terima kasih. iya ini doa dan keluh kesah jiwa yang terasa mengering :)

    @k[A]z: ehehehehe.. tumbila bukan sembarang tumbila. tumbila sedang berpuisi ini teh :O

    BalasHapus
  5. Jiwa kering...
    Rasanya seperti dahaga kerongkongan nggak sih? :o

    BalasHapus
  6. Subhanallah... keren banget kata2nya :)

    ajarin belo donk nulsi kata2 indah kayak gini.

    BalasHapus
  7. @Bang Asop: hhhmmm.. gmn ya? hhhmmm.. kayak apa ya? kayak pas krisis air di istana negara. hehehe..
    jiwa yang kering itu rasanya seperti dahaga disekujur tubuh. nah loh? kyk apa itu rasanya :o

    @Mpok Belo: ehehhe.. makasi, bisa aja ni mpok.
    yok, insya Allah nanti saya buka les kilat bikin puisi :e

    BalasHapus
  8. untuk mu, jiwa yang kering
    basahilah dan basuhlah hati mu
    lesatkan doa pada setiap ujung ucap mu
    simpuhkan raga mu di helai pengharapan

    Dia, Dzat yang telah menuliskan takdir di Lauhul Mahfudz
    senantiasa akan mendengar keluh kerontang mu
    karena Dia, selalu ada
    menunggu mu menyapa-Nya

    dua bait yng indah penuh makna..
    apakah kita hanya menyerah pada takdir, atau berjuang dan berusaha merubah takdir, salah satunya melalui do'a dan dzikir yg selalu membasahi bibir...

    BalasHapus
  9. kerennnn :D
    paling suka sama bait keenam :O

    BalasHapus
  10. Semoga kekeringan jiwanya segera berakhir ya Irma ^^/

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Dia, Dzat yang telah menuliskan takdir di Lauhul Mahfudz
    senantiasa akan mendengar keluh kerontang mu
    karena Dia, selalu ada
    menunggu mu menyapa-Nya

    like this ama kata2 ini..!

    BalasHapus
  13. Kenapa yah...kenapa...saya tidak bisa berpuitis seperti ini :|

    BalasHapus
  14. kalau jiwa yg terlalu basah diapain dong mba' hha.. bercanda.. :P
    subhanallah yah.. sy suka kata" nya.. puitis skali. ^___^
    jikalau ini sebuah doa juga maka sy ikut meng-aminkan.. amin ya rabb... :')
    haduh.. mata sy gak bisa lepas dr kata" puitisnya nih mba'.. hha.. :D

    BalasHapus
  15. kk suka bait terakhirnya...jiwa itu takkan kering, terus dibasah dengan latunan zikir dari pemiliknya ...

    BalasHapus
  16. subhanallah, indah sungguh kata per kata ^_^

    BalasHapus
  17. Tenggelam saya sama kata-kata indah ini. Coba terjemahkan ke bahasa sunda deh biar pas sama musik pengiringnya, hehe. Eh mau tanya punya kamus kata2 ga? Kok unik banget kata2 di puisinya Ma?

    BalasHapus
  18. @Mas Insan: terima kasih.. semoga saya terus menjadi pribadi yang bersyukur & mengalunkan dzikir & doa pada Sang Khalik :)

    @Tiara: makasi.. lagi merindu juga ya? :)

    @Annisa: allahumma aamiin.. sudah bnyk support dari orang2 terkasih, jadi ga kering lagi :)

    @Bang ROe: hehehe.. terima kasih bang :)

    @Uchank: kenapa ya? hhmmmm.. tiap orang punya ciri khas masing2 dlm menulis. klo Uchank kn pandai memaparkan cerita ;)

    @Angga: klo basah dikipas2 aja jiwanya. haha.. :P
    allahumma aamiin, makasi ya "meng-aamiin-kan" doa saya.

    @Kak Tia: hehe.. makasi kak tia.. iya biar jiwanya ga kering hrs pke nutrisi dzikir :h

    @Zhalev: terima kasih ya :d

    @Kang Qefy: hehehe.. klo pke bahasa sunda kurang mahir dan ga tau kata2 yang mejiknya :f
    waaaaahhh.. engga punya kamus besar bahasa indonesia. itu menggeliat secara serentak seperti tumbukan molekul kata menjadi kalimat tak berupa :e

    BalasHapus
  19. hadeuh paling nimat membaca coretan-coretan seperti ini diiringi dengan lantunan suling ,.. SUNDA PISAN YEUUH hahaha

    salam persohiblogan ^_^

    BalasHapus
  20. @Kang Aul: ehehehehe.. terima kasih. lagi pengen menebar aroma sunda pedesaan di sini.
    salam persahabatan, salam bloofer, salam blogger ;)

    BalasHapus
  21. Memang hanya Dia yang senantiasa setia mendengar keluh kesah hambaNYA :)

    BalasHapus
  22. @Celoteh: sip, betul. Dia selalu ada dan setia, meskipun hamba-Nya seringkali lupa. astagfirullah :(

    BalasHapus
  23. Tuhan adalah sebaik-baiknya penyegar bagi jiwa-jiwa yang kekeringan #blaga bijak.
    Sungguh, rangkaian kata-kata yang indah mbak, slam blogger.

    BalasHapus
  24. @Dzikrillah: hehehe.. betul, setuju :)
    terima kasih, salam persahabatan.

    BalasHapus
  25. jiwa yang kering dengan gelembung harapan yang rapuh... wah saya seakan-akan dan sekonyong2 wkwwwkk. bagus irma saya jadi inget sama diri saya sendiri yang kering ini :) semoga kita mendapatkan penyejuk jiwa dalam perjalanan ini

    BalasHapus
  26. @A Yudi: ahahahahah.. knp tu jadi sekonyong2? asal jgn sekanyang2, nanti jadi kayang :D
    alhamdulillah klo bisa saling mengingatkan mah. insya Allah, semoga kita mendapatkan penyejuk dan penerang hati menuju ridho Allah ya a yudi :)

    BalasHapus
  27. tak bisa berkata-kata *spikles* abi, nice posting Teteh.. :)

    BalasHapus
  28. @Budiman: hehehe.. tur nuhun. wah gawat klo ga bisa berkata2 mah :r

    BalasHapus
  29. wahai jiwa nan kering..
    kuharap hadirku adalh oasemu.

    wakaaakakakakaaakkkk..
    sy plg tdk bsa menulis yg ginian. hehehehehe..
    bnar2 setiap org punya gaya masing2 yah. :D

    BalasHapus
  30. @Kak Achi: wiiiihhh.. mantep :)
    untuk mu, oase hidup.
    ku tunggu engaku di sahara cinta.
    ahahahha..

    wah suka merendah ni, padahal kosa katanya sudah master. ya, smua orang punya ciri khas masing2 :)

    BalasHapus
  31. saya sangat suka tulisan2 di blog ini,
    salam kenal..

    BalasHapus
  32. terima kasih, salam kenal juga :)

    BalasHapus

Hai kawan-kawan, terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca dan berkomentar di pendopo langit ini ^_^


up